Cari Blog Ini

MEKHAN CELL
Accesorys, Cetak digital

Categories

Minggu, 01 April 2012

Plus Minus Mobil Bensin Versus Solar

Bingung menentukan memilih mobil diantara dua pilihan tipe mesin bensin atau diesel? Jika itu terjadi, ikuti tips berikut ini agar Anda tidak menyesal kemudian.

Jika membuat keputusan untuk memilih mobil baru maupun bekas berbahan bakar solar atau bensin, adalah hal yang menyulitkan Anda. Tenang usah khawatir, mungkin petunjuk berikut bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda. Terpenting sebelum membeli, ada baiknya tentukan prioritas kebutuhan serta keinginan. Karena masing-masing jenis mesin kendaraan memiliki kelebihan dan kelemahan.

Lalu apa saja hal yang mesti diperhatikan? Pertama, kalau digunakan sebagai armada operasional usaha. Tanpa memperhatikan aspek kenyamanan, trend dan penampilan maka mesin diesel adalah pilihan tepat. "Kebanyakan mobil bermesin diesel cenderung lebih irit, selain itu jika digunakan dalam waktu yang sangat lama mesinnya akan semakin panas, otomatis performa mesin semakin baik," ungkap Sunarjo, mekanik spesialis diesel dari Ciputat Diesel.

Tetapi hal sebaliknya, kalau ingin mendapatkan kenyamanan, gaya, serta akselerasi yang cepat pilihannya adalah kendaraan bermesin bensin. Kompensasinya, biaya operasional beli bensin lazimnya lebih besar dari mesin diesel.

Mesin diesel


Kelebihan :
  1. Untuk jarak tempuh yang jauh hanya membutuhkan sedikit konsumsi bahan bakar sehingga lebih efisien.
  2. Secara umum mesin diesel memberikan torsi bawah lebih besar dan berguna untuk pengendaraan di jalan off road. Bahkan kebutuhan torsi menjadi penting ketika kita akan menarik kendaraan yang rusak atau misalnya menarik kendaraan yang terjebak di jalur non aspal.
  3. Sama seperti bensin, untuk bahan bakar solar juga mudah diperoleh dengan mudah baik di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) dalam kota maupun luar kota.
  4. Dan pertimbangan lain bahwa sifat bahan bakar diesel tidak terlalu berbahaya karena tidak mudah terbakar jika tersulut percikan api.
  5. Berkendara dibawah siraman hujan lebat atau melintas di kondisi jalan banjir tidak perlu takut karena ruang mesin diesel tidak ada komponen elektrikal seperti distributor atau kabel busi.
  6. Bila rasio mesin bensin dibatasi oleh tekanan dari bensin dan udara. Pada mesin diesel tidak dibatasi karena yang di kompres hanyalah udara. Semakin tinggi kompresi mesin diesel maka tenaganya kian bertambah dan sistem kerja mesin semakin efisien.
  7. Mesin diesel memang terkenal bandel. Bila dirawat dengan benar daya tahannya lebih lama daripada mesin bensin. Ini juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin diesel umumnya digunakan pada armada transportasi seperti truk atau kontainer besar.
Kelemahan :
  1. Satu kelemahan pasti yang dimiliki mesin diesel yaitu suara mesin yang lebih berisik dibanding mesin bensin.
  2. Injektor pada mesin diesel jika tercampur dengan air atau jenis partikel lainnya akan mudah bermasalah. Karena delivery valve di bagian injection pump kalau terkena air menyebabkan komponennya jadi tersumbat (mengendap alias berkarat). Dan, untuk biaya perbaikannya maupun suku cadangnya relatif mahal.
  1. Untuk akselerasi mesinnya memiliki respon lebih lambat dibandingkan mesin bensin. Namun demikian kini pihak pabrikan sudah ada yang mengaplikasi turbocharger atau supercharger untuk memperoleh tenaga spontan.
  2. Beban pajak kendaraan bermotor mesin diesel lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan mesin bensin karena kebanyakan cc mesinnya lebih besar. Rata-rata berkapasitas 2.000 cc keatas.
  3. Tingkat pencemaran udara yang keluar dari sisa pembakaran lebih tinggi.
  4. Harga mobil kondisi baru biasanya lebih mahal dibanding mesin bensin untuk tipe yang sama. Misal Toyota Kijang Innova diesel New V A/T Diesel dijual Rp. 302.250.000,- sedangkan tipe sama yang bermesin bensin dijual Rp Rp. 287.250.000,-.
Mesin bensin


Kelebihan :
  1. Untuk akselerasi mesin jauh lebih responsif, sehingga untuk mendahului kendaraan lain dapat mudah dicapai.
  2. Suara yang dihasilkan saat mesin mulai start hingga berakselerasi terdengar lebih halus.
  3. Tingkat polusi alias pencemaran udara lebih rendah.
  4. Spesifikasi teknis mesin mudah dipahami. Artinya, jika mesin atau bagian komponen mesin yang rusak dapat diketahui gejalanya. Lalu, dari sisi perawatan berkala jauh lebih mudah dan murah.
  5. Pilihan mobil berbahan bakar bensin relatif banyak
Kelemahan :
  1. Untuk beberapa tipe mobil tertentu misal produk Eropa atau beberapa merek Jepang, mengharuskan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi diatas 91. Sebab, jika memakai dibawah 91 akan mengalami gejala knocking (mengetuk) dari mesin yang berdampak pada performa mesin yang menurun.
  2. Biasanya torsi maksimal mampu diperoleh pada tingkat putaran mesin tinggi
  3. Sifat bahan bakar bensin lebih mudah terbakar, dan ini menjadi berbahaya jika terdapat kebocoran pada selang bensin, tangki bahan bakar atau karburator.
  4. Memiliki spesifikasi komponen yang cukup rumit. Misalnya dengan mengadopsi teknologi VTEC (sistem pengaturan katup) seperti yang terdapat di Honda. Selain itu beberapa komponen juga butuh perawatan, misalnya busi yang harus diganti tiap usia pemakaian tertentu.
  5. Mesin bensin lebih rentan terhadap air atau banjir karena banyaknya komponen kelistrikan seperti platina, distributor, busi atau pada kendaran tipe Engine Control Unit (ECU) juga rentan terhadap siraman air.
  6. Karena faktor yang kelima tersebut, sehingga mesin bensin dianggap kurang memiliki ketahanan terhadap water hammer ketimbang mesin diesel.
  7. Di bursa mobil bekas tanah air biasanya harga jual kembali (resale value) lebih terjangkau daripada mobil bermesin diesel.

BMW M3 Terbaru Bakal Pakai Mesin V6 Twin-Turbo

Meskipun baru wacana, tapi perpaduan mesin V6 dengan Twin-Turbo pada BMW M3 2014 bisa menghasilkan 429 hp.
Para penggemar BMW menanti kelanjutan dari produk sport car M3 terkait mesin apa yang digunakan untuk generasi berikutnya. Kebanyakan Bimmers (sebutan die-hard fans BMW) menginginkan mesin straight-six (L6) kembali digunakan oleh produsen asal Jerman ini. Namun kenyataannya jauh berbeda dari harapan mereka.

Spekulasi yang berkembang BMW tengah menguji dua mesin yakni V6 dan straight-six secara bersamaan. Pengujian dua mesin ini akan menentukan mana yang akan digunakan untuk M3 yang rencananya diproduksi pada 2014. Kabar yang berkembang dari Inside Line besar kemungkinan mesin V6 yang dipilih oleh BMW.

Alasannya cukup sederhana, mesin V6 mempunyai dimensi yang lebih cocok untuk body M3. Uniknya, mesin V6 yang diusung nanti akan dipadukan oleh twin-turbo sehingga membuat respon serta performa mesin lebih bertenaga. Kapasitas mesin diperkirakan mencapai 3.0-liter dan mempunyai tenaga 429 hp dengan torsi 549 Nm.